bahaya asap rokok

Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Bahaya Asap Rokok – Hampir semua orang tahu bahaya merokok. Namun, bahaya rokok ternyata tidak hanya mengintai perokok aktif namun juga perokok pasif. Banyak orang menganggap perokok pasif akan aman saja karena tidak ikut merokok.

Anggapan ini salah besar karena walau tidak ikut merokok, namun perokok pasif tetap berada di lingkungan penuh asap rokok. Mereka akan tetap mendapat efek negatif pada tubuhnya, terutama apabila asap rokok terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

Bahaya asap rokok ini tidaklah main-main sehingga bukan tidak mungkin perokok pasif justru akan mendapat masalah lebih besar dari perokok aktif itu sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat muncul akibat dari asap rokok.

Waspada Bahaya Asap Rokok

bahaya asap rokok
akibatrokok.com

Bahaya asap rokok bagi para perokok pasif ini terutama datang dari nikotin serta aneka racun lain di dalam rokok setelah terbakar. Walau asapnya tidak selalu terlihat, namun asap yang dihembuskan perokok setelah merokok ini justru memiliki efek yang lebih merusak dibanding asap yang masih dalam tubuh perokok itu sendiri.

Asap terbentuk dari partikel kecil sehingga akan bisa dengan mudah terhirup oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Perokok pasif turut berpotensi untuk terkena kanker seperti halnya perokok aktif.

Di samping kanker paru-paru, perokok pasif turut rentan terkena kanker lain seperti kanker tenggorokan, kanker laring, kanker hidung atau sinus nasal, kanker kandung kemih, kanker otak, kanker lambung, kanker rektum hingga kanker payudara.

Asap rokok dipastikan sebagai salah satu penyebab kanker yang diderita manusia. Asap rokok yang terhirup perokok pasif ialah penyebab utama pada penyakit kanker paru-paru pada orang yang tidak merokok.

Resiko kanker paru-paru bahkan meningkat antara 20 hingga 30 persen pada orang yang tidak merokok namun dikelilingi asap rokok, termasuk non perokok yang tidak terkena oleh paparan asap.

Bukti juga menunjukkan asap rokok ialah penyebab kanker payudara pada wanita yang belum memasuki masa menopause serta kanker nasal sinus. Hal ini tentu menunjukkan betapa tingginya bahaya asap rokok itu.

penyakit akibat rokok
siarannasional.com

Selain kanker, bahaya asap rokok juga termasuk penyakit jantung. Walau tidak pernah merokok, namun perokok pasif akan dapat mengalami peningkatan resiko penyakit jantung sampai dengan 25 hingga 30 persen dibandingkan dengan non perokok yang sebelumnya tidak pernah terkena paparan asap rokok. Kepulan dari asap rokok akan terhirup serta masuk ke dalam darah.

Akibatnya, lapisan dinding pembuluh darah akan terpengaruh, mengental serta mudah membeku. Aliran darah akan terhambat dan karbon monoksida dalam asap rokok mengikat oksigen dalam darah.

Aliran oksigen pada jantung akan berkurang sehingga terjadi kerusakan pada jantung dan jaringannya, baik dalam jangka pendek maupun permanen.

Bahaya asap rokok tidak hanya berlaku pada orang dewasa, namun juga anak-anak. Anak-anak yang terpapar asap rokok terutama akan rentan pada beberapa penyakit terkait pernapasan seperti infeksi pernapasan, serangan asma mendadak, batuk kronis, infeksi telinga, limfoma, tumor otak, kanker darah hingga melemahnya daya tahan tubuh.

Wanita hamil yang menghirup asap rokok akan berpotensi mengalami kelahiran bayi prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah atau bahkan cacat mental hingga meninggal mendadak, ketidakmampuan dalam belajar hingga mengidap ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Syndrome.

Banyaknya bahaya dari asap rokok tersebut hendaknya membuat kita senantiasa berhati-hati agar tidak menghirup asap rokok yang ada di sekitar. Hindarilah tempat-tempat di mana banyak terdapat asap rokok ataupun perokok aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *