Meneladani Sifat Sederhana dari Biografi Barack Obama

Siapa yang tak kenal dengan Barack Obama? Dia adalah presiden Amerika ke-44 yang sekaligus dijuluki sebagai orang pertama keturunan Afrika-Amerika yang berhasil menduduki kekuasaan negeri Amerika Serikat. Ternyata, ia pernah bersekolah di Indonesia. Perjalanan hidupnya terangkum dalam biografi Barack Obama yang sarat akan nilai hidup.

Nilai hidup yang sering dicontohkan Obama adalah kesederhanaannya. Dengan kesederhanaan tersebut, ia mampu menjalin persaudaraan dengan pemimpin negara-negara lainnya. Hal inilah yang kemudian bisa kamu ambil sisi baiknya.

Kelahiran Barack Obama

Image Source: whitehouse.gov

Mantan presiden ini memiliki nama lengkap Barack Husein Obama. Ia lebih dikenal dengan nama publik Obama. Di Hawai, ia lahir pada tanggal 4 Agustus 1961, tepatnya di Honolulu. Ibunya bernama Stanley Ann Dunham dan ayahnya bernama Barack Obama, Sr. Ayahnya dikenal sebagai anggota suku Luo dari Kenya.

Tahun 1960 menjadi tahun di mana mereka bertemu saat menjalani kelas bahasa Rusia di Universitas Hawai. Universitas tersebut juga menjadi tempat ayahnya ketika memperoleh beasiswa asing. Keduanya menikah pada tahun 1961 di Wailuku, Maui.

 

Pendidikan Barack Obama

Berdasarkan biografi Barack Obama, Indonesia pernah menjadi tempat pendidikannya saat SD. Ia dikenal baik oleh masyarakat Indonesia karena pernah mengenyam pendidikan di SD Menteng 1 Jakarta. Ia juga mampu berbicara bahasa Indonesia sesuai tingkatan pemula.

 

Obama memutuskan kembali ke Honolulu, ia mendaftarkan diri untuk masuk ke sekolah Punahou sejak tahun 1971 hingga 1979. Setelah lulus SMA, ia kemudian melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Occidental selama dua tahun. Kemudian, ia dipindahkan ke Universitas Columbia yang berlokasi di New York.

 

Jurusan yang ia ambil adalah pengetahuan politik. Mengingat kelebihannya pada hubungan internasional. Obama lulus dari Universitas Columbia dengan gelar di bidang ilmu politik. Lima tahun kemudian, ia lulus cumlaude dari Harvard Law School di tahun 1991.

 

Karir Barack Obama

Obama mengawali karir sebagai asisten peneliti ketika berdiskusi dengan profesor hukum konstitusi Laurence Tribe. Di tahun yang sama, ia juga menjadi bagian dari firma hukum Sidle Austin di Chicago. Tidak lama kemudian, ia juga terpilih sebagai editor Afrika-Amerika dari Harvard Law Review.

 

Setelah itu, ia memutuskan kembali ke Chocago dan berprofesi sebagai pengacara hak-hak sipil. Mitra kerja samanya menggandeng firma Miner, Barnhill dan Galland. Selain berpraktik sebagai pengacara, Obama juga menjadi guru di bidang hukum konstitusional di Universitas Hukum Chicago dimulai dari tahun 1992-2004.

 

Keluarga Barack Obama

Karena sama-sama memiliki minat di bidang hukum, Obama akhirnya menikah dengan Michelle Lavaughn Robinson. Istrinya tersebut juga berprofesi sebagai pengacara yang berasal dari Chicogo. Peristiwa pernikahan tersebut diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 1992.

 

Mereka dikarunia dua orang anak putri yang lahir secara bergantian. Pertama, lahir pada tahun 1998 yang kemudian diberi nama Malia, yang kedua lahir pada tahun 2001 yang kemudian diberi nama Sasha. Keduanya hidup bahagia sampai saat ini dan dikenal sebagai pasangan yang romantis.

 

Kontribusi Barack Obama untuk Amerika

Selama masa kepresidenan sesuai yang ditulis dalam biografi Barack Obama, ia juga berkontribusi secara maksimal demi memajukan pemerintahan Amerika Serikat. Wujud kontribusi tersebut dijabarkan melalui uraian berikut ini.

  1. Mendorong reformasi perawatan kesehatan yang diwujudkan melalui proses menandatangani Undang-Undang Perlindungan Pasien dan Perawatan Terjangkau pada tahun 2010.
  2. Membuka hubungan diplomatik dengan Kuba

 

Itulah nilai kesederhanaan dari biografi Barack Obama yang bisa kamu jadikan motivasi. Dengan meneladani kisah hidupnya, semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *